Friday, August 22, 2014

OWL

Sore hari di kelas Art, bersama Lenka (3yo) dan El (6yo). Memberi ide untuk menggambar terutama kepada anak-anak bisa dibilang penuh trik. Tidak semua anak bersedia mengikuti instruksi secara spontan. Sore hari saat baru bangun biasanya mood anak-anak masih labil, Bagus kalau tidur siangnya cukup, setelah seharian capek bermain di sekolahnya.

Untuk anak-anak kelas lukis saya benar-benar menekankan kepada orang tua bahwa anak yang ikut harus senang menggambar, jika tidak saya akan kesulitan membujuk-bujuk di kelas sedangkan teman yang lain sudah siap untuk segera berkarya. Itulah salah satu alasan jumlah peserta gambar sangat saya batasi. Untuk anak usia 3 tahun sampai 5 tahun saya batasi maksimal 5 anak setiap pertemuan.

Jangan dibayangkan kalau kelas lukis bersama anak-anak itu mudah, iya...karena bisa saja rencana yang disusun berhari-hari lamanya kacau berantakan karena si anak tidak senang menggambar/melukis obyek yang kita contohkan. Oleh sebab itu saya punya trik membuat lebih dari 1 alternatif, jika tak suka belajar gambar satu obyek, 5 atau 10 obyek harus siap jadi pertimbangan selanjutnya.
Pertemua perdana Lenka (2 tahun 10 bulan)
Untuk usia belum cukup 3 tahun, saya minta bantuan orang tua atau pendamping untuk membantu mengawasi anak. Maklum belum ada asisten, dan juga ini baru kelas trial Lenka, kalau dia suka...dia bisa datang rutin ke kelas melukis. Untuk usia dia saya belum mengarahkan ke menggambar, jika dia tidak mau menggambar, dia bpleh mewarnai sesuka hatinya.

Elfa (6yo)

El (6yo) dan Mikaila (3yo)
Hasil belajar menggambar dan mewarnai Owl.

No comments:

Post a Comment